Hakekat Organisasi Pembelajaran

Posted: Desember 29, 2009 in Manajemen

Organisasi merupakan salah satu tempat maupun media dimana seseorang bisa belajar. Pengertian pembelajaran dalam Bahasa Cina terdiri dari dua simbol yaitu “belajar” yang berarti mengakumulasikan ilmu pengetahuan dan simbol mempraktekkan terus menerus, sehingga pembelajaran bermakna penguasaan cara pengembangan diri.

Peter Senge (1990) mengetengahkan konsep learning organization dengan lima prinsip disiplin belajar (yang disebut “the fifith discipline”). Kelima prinsip tersebut merupakan sebuah sistem yang bekerja secara bersama-sama (Prof. Dr. Tjutju Y dan Dr. Suwatno, M.Si., 2008 : 43-44). Kelima prinsip tersebut adalah :

  1. Personal Mastery, yang merupakan kegiatan belajar untuk memperbesar kapasitas pribadi. Dimana, dalam hal ini setiap orang yang berorganisasi akan terdorong untuk lebih berani dari anggota lainnya untuk lebih mengembangkan diri dan mencapai tujuan yang telah dipilihnya.
  2. Mental Model, yang merupakan refleksi dari adanya kesinambungan peningkatan pengetahuan dan memperjelas gambaran internal tentang dirinya di dalam dunia. Hal ini memperlihatkan bagaimana tindakan (action) dan keputusan (decisions) dapat ditampilkan melalui penguasaan pengetahuan eksplisit (explicit knowledge).
  3. Shared vision, yang merupakan penyediaan basis untuk berpikir secara umum guna membuat komitmen, sehingga shared vision ini penting untuk menghasilkan fokus dan energi dalam learning (Garvin, 1993). Shared vision digunakan untuk menggalang a sense of commitment (arti sebuah komitmen) dalam kelompok dengan cara mengembangkan kesan masing-masing anggotanya tentang masa depan yang dicari dan akan diciptakan.
  4. Team learning, merupakan suatu metode untuk mengharmoniskan kekuatan individu secara umum, untuk mengarah pada suatu visi bersama (Garvin, 1993). Kegiatan ini merupakan proses transformasi konversasional disertai keterampilan berpikir kolektif, sehingga kelompok belajar ini dapat tampil meyakinkan untuk mengembangkan intelejensi, kemampuan dan bakat yang lebih besar dari sejumlah anggota tim secara individual.
  5. System Thinking, yang merupakan sesuatu yang membuat seluruh tipe learning bekerja secara harmonis. Hal ini merupakan suatu cara tentang berpikir tentang keseluruhan (holistic), dan suatu bahasa yang dimengerti dan dijelaskan, juga merupakan kerangka kerja konseptual, menggambarkan pengetahuan dan analisis yang dapat memudahkan kita untuk  memahami semua pola-pola interaksi dalam suatu sistem.

Konsep learning organization merupakan upaya untuk memperoleh wawasan konseptual maupun praktek untuk menghadapi perubahan yang terjadi, seperti yang diungkapkan oleh Prof. Dr. Tjutju Y dan Dr. Suwatno, M.Si., bahwa:

Konsep learning organization berkenaan dengan berbagai upaya untuk melaksanakan pembelajaran secara terorganisasi, sehingga bisa mencapai tujuan yang diharapkan, terutama dalam rangka membentuk kematangan pada diri manusia dalam berpikir, bertindak dan bermasyarakat (2008 : 174).

Bentuk organisasi sebagai suatu pembelajaran berada di lingkungan pendidikan, mulai dari jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD) sampai ke jenjang Perguruan Tinggi, setiap siswa diberikan kesempatan untuk dapat belajar berorganisasi. Diharapkan setelah selesai menempuh jenjang pendidikan mereka dapat berbaur dan bersosialisasi dengan baik dalam lingkungan masyarakat.

Untuk tingkat perguruan tinggi kita mengenal beberapa Organisasi Kemahasiswaan yaitu organisasi intra universiter (Himpunan Mahasiswa Jurusan/Himpunan Mahasiswa, Badan Eksekutif Mahasiswa, Koperasi Mahasiswa, dan lain-lain) dan ekstra universiter (Himpunan Mahasiswa Islam, Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, dan lain-lain).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s